Our site moved here Profil Sehat

Friday, February 7, 2020

Biodata dan Profil Band Silverchair

Silverchair adalah band rock alternatif Australia. Band ini terbentuk sebagai Innocent Criminals di Newcastle, New South Wales, pada 1992, dengan jajaran vokalis dan gitaris mereka saat ini, Daniel Johns, gitaris Chris Joannou, dan drummer Ben Gillies.

Biodata dan Profil Band Silverchair

Silverchair telah sangat sukses di industri rekaman Australia, menerima penghargaan unggulan industri, ARIA Awards, rekor 21 kali. Band ini juga menerima enam Penghargaan APRA.

Silverchair menemukan kesuksesan awal ketika salah satu lagu pertama mereka, "Tomorrow", memenangkan kompetisi musik lokal yang dijalankan oleh jaringan televisi Australia SBS. Band ini segera ditandatangani oleh Murmur, dan sukses di panggung rock Australia dan internasional. Pada tahun 2003, setelah rilis Diorama, band ini mengumumkan jeda, di mana waktu anggota direkam dengan proyek sampingan The Dissociatives, The Mess Hall, dan Tambalane. Silverchair dipersatukan kembali di konser Wave Aid 2005, dan kemudian merilis Young Modern dan memainkan tur Across the Great Divide dengan Powderfinger.

Suara Silverchair telah berevolusi sepanjang karir mereka, suara-suara yang berbeda pada album-album tertentu terus berkembang lebih ambisius selama bertahun-tahun, dari post-grunge pada debut mereka hingga Chamber-pop orkestra prog-infused chamber-pop yang lebih baru. Penulisan lagu dan nyanyian Daniel Johns telah dicatat sebagai terus meningkat sementara band ini telah mengembangkan elemen peningkatan kompleksitas dalam karya-karya selanjutnya. Silverchair telah terjual lebih dari enam juta rekaman hingga saat ini.

Sejarah


Biodata dan Profil Band Silverchair

Formasi dan rilis awal (1992-1996)


Pada tahun 1992, penyanyi / gitaris remaja Daniel Johns dan teman sekolahnya, drummer Ben Gillies, mulai bermain musik bersama di sekolah dasar mereka. Ketika mereka pindah ke Newcastle High School, teman sekolah Chris Joannou bergabung dengan pasangan dengan bass. Mereka membentuk band "Penjahat Innositas". Mereka memainkan banyak pertunjukan di sekitar wilayah Hunter Valley pada usia remaja awal mereka, serta gagal berpartisipasi dalam Youthrock pada tahun 1994, sebuah kompetisi untuk band-band berbasis sekolah.

Terobosan utama band datang pada tahun 1994, ketika mereka memenangkan kompetisi nasional bernama "Pick Me", yang dilakukan oleh acara TV SBS Nomad dan stasiun radio alternatif Triple J) dengan demo lagu asli mereka "Tomorrow". Sebagai bagian dari hadiah, Triple J merekam lagu dan ABC merekam video untuk itu. Penjahat yang tidak bersalah kemudian diberi kesempatan untuk mengubah nama mereka sebelum merilis "Tomorrow" sebagai single. Ada sejumlah kisah tentang bagaimana nama 'Silverchair' muncul - dari daftar kemungkinan nama band yang diberikan kepada mereka oleh manajemen; dari buku Narnia "The Silver Chair"; atau dari kombinasi "Berlin Chair" You Am I dan salah eja "Sliver" karya Nirvana.

Menyusul perang penawaran antara label saingan, Silverchair menandatangani kontrak rekaman tiga album dengan anak perusahaan Sony Music, Murmur Records; Manajer A&R Sony, John Watson, yang bersama-sama bertanggung jawab untuk menandatangani grup, kemudian meninggalkan label untuk menjadi manajer grup. Rekaman Triple J mereka dirilis pada Agustus 1994 dan single ini menghabiskan enam minggu di # 1 di ARIA Singles Chart. Pada tahun 1995, versi yang direkam ulang "Tomorrow" (dan video baru) dibuat untuk pasar AS, menjadi lagu yang paling sering diputar di radio rock modern AS tahun itu.

Album debut Silverchair, Frogstomp, direkam hanya dalam sembilan hari, dan dirilis pada 1995. Pada saat rekaman, anggota band itu baru berusia 15 tahun, dan masih bersekolah di sekolah menengah. Konsep liris Frogstomp adalah berbasis fiksi, menggambar inspirasi dari televisi, tragedi kota kelahiran, dan persepsi rasa sakit teman. Album ini diterima dengan baik; Allmusic dan Rolling Stone memberi peringkat masing-masing dalam empat dan empat setengah bintang, memuji intensitas album, terutama "Tomorrow". Menjadi hit # 1 di Australia dan Selandia Baru, Frogstomp melanjutkan untuk mencapai Billboard 200 Top 10, menjadikan Silverchair band Australia pertama yang melakukannya sejak INXS. Album ini terjual lebih dari 2,5 juta kopi di seluruh dunia. Ketika Frogstomp dan "Tomorrow" terus mendapatkan popularitas sepanjang tahun itu, kelompok ini melakukan tur dengan Red Hot Chili Peppers dan bermain di atap Radio City Music Hall, sementara juga melanjutkan pendidikan mereka di Newcastle tahun itu.

Dalam kasus pembunuhan Januari 1996, pengacara terdakwa untuk Brian Bassett, 16, dan Nicholaus McDonald, 18, mengklaim bahwa pasangan yang mendengarkan "Anak Israel", dari Frogstomp, menyebabkan pembunuhan orang tua Bassett terjadi. Band mengeluarkan pernyataan yang menyangkal bahwa mereka memaafkan tindakan kekerasan semacam itu, dan kasus pembelaan ditolak.

Keberhasilan kritis dan komersial (1997-2001)


Biodata dan Profil Band Silverchair

Ketika mengalami kesuksesan Frogstomp di Australia dan Amerika Serikat, Silverchair mulai merekam album studio kedua mereka, Freak Show, yang mereka rilis pada tahun 1997. Album ini menghasilkan tiga single Top 10 di Australia? "Freak", "Abuse Me", dan "Cemetery". Single keempat, "The Door", mencapai # 25. Lagu-lagu tersebut berfokus pada kemarahan dan reaksi yang diharapkan Frogstomp brseharusnya band. Freak Show mendapatkan sertifikasi emas di Amerika Serikat, dan penjualan global akhirnya melebihi 1,5 juta kopi.

Setelah lulus dari sekolah, band ini dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat album berikutnya, Neon Ballroom, dirilis pada tahun 1999. Band ini awalnya dimaksudkan untuk istirahat 12 bulan, tetapi pada akhirnya memutuskan untuk mencurahkan waktu mereka untuk membuat musik . Neon Ballroom menghasilkan empat single; "Lagu Kebangsaan untuk Tahun 2000", "Lagu Ana (Api Terbuka)", "Miss You Love", dan "Paint Pastel Princess", tiga di antaranya mencapai 50 besar ARIA Charts.

Freak Show dan Neon Ballroom menduduki puncak tangga lagu ARIA Albums, menjadikan mereka yang kedua dan ketiga, untuk melakukannya. Album memetakan dengan baik di luar negeri; Freak Show mencapai # 2 di Kanada, dan Neon Ballroom mencapai # 5. "Freak", "Abuse Me", dan "Cemetery" semua masuk 10 besar di Australia, dan "Abuse Me" mencapai # 4 di Hot Modern Rock Tracks dan Hot Mainstream Rock Tracks charts. "Anthem for the Year 2000" adalah single charting tertinggi dari Neon Ballroom, di # 3, sementara "Ana's Song (Open Fire)" memuncak di # 12 di Hot Modern Rock Tracks.

Pada tahun 1999, Johns mengumumkan bahwa ia menderita kelainan makan karena kecemasan. Johns mencatat bahwa lirik lagu "Ana's Song (Open Fire)" berhubungan dengan gangguannya, di mana dia akan "memakan apa yang dia butuhkan? Untuk tetap terjaga". Johns kemudian mengungkapkan bahwa ia telah menulis Neon Ballroom ketika ia menderita kelainan itu, dan bahwa ia "membenci musik, terutama milikku" pada saat itu, tetapi tetap merasa bahwa ia harus mengecewakan penggemar musik.

Silverchair melakukan tur secara ekstensif dalam mendukung Neon Ballroom, mendorongnya untuk penjualan di seluruh dunia yang lebih kuat daripada yang mereka capai dengan Freak Show. Neva Chonin dari Rolling Stone mengaitkan kesuksesan itu dengan suara album yang lebih "dewasa". Di Eropa dan Amerika Selatan itu menjadi album kelompok paling sukses hingga saat ini, dengan Silverchair tur langsung dan membuat penampilan di festival di Reading dan Edgefest, antara lain. Satu-satunya pertunjukan langsung Silverchair pada tahun 2000 adalah di Festival Falls di Malam Tahun Baru. Pada 21 Januari 2001, band ini bermain untuk 250.000 orang di Rock In Rio, sebuah pertunjukan yang mereka gambarkan sebagai puncak karir mereka. Setelah tur, band ini mengumumkan bahwa mereka akan mengambil istirahat 12 bulan.

Setelah merilis Neon Ballroom, kontrak tiga album Silverchair dengan Sony Music berakhir. Band ini kemudian dikejar oleh label rekaman selama hiatus mereka. Di akhir jeda, mereka mengumumkan bahwa mereka akan menandatangani kontrak dengan Atlantic Records untuk Amerika Utara dan Selatan, serta membentuk label mereka sendiri, Eleven: A Music Company, untuk Australia dan Asia. Setelah pengumuman, Sony merilis The Best of Volume 1 tanpa persetujuan band.

Diorama (2001-2002)


Biodata dan Profil Band Silverchair

"Lepaskan Hidupmu"

"Luv Your Life" adalah tipikal dari metode Johns yang baru ditemukan dalam menulis lagu di piano, dan juga menampilkan pengaturan orkestra oleh Van Dyke Parks.

Pada Juni 2001, Silverchair memasuki studio di Sydney dengan produser David Bottrill (Tool, Peter Gabriel, King Crimson) untuk mulai mengerjakan album keempat mereka, Diorama. Kali ini, Daniel Johns secara resmi mengambil peran sebagai co-produser. Album, yang Johns gambarkan sebagai "dunia di dalam dunia", berasal dari metode barunya menulis sebagian besar materi di piano, sebuah teknik yang telah ia kembangkan selama istirahat band. Dalam rangka melengkapi visinya untuk Diorama, beberapa musisi lain tertarik untuk berkontribusi dalam album, termasuk Van Dyke Parks, yang menyumbangkan pengaturan orkestra untuk "Tuna in the Brine", "Luv Your Life", dan "Across the Night" . Paul Mac dan Jim Moginie juga berkolaborasi dengan band. Saat merekam Diorama, Johns menyebut dirinya sebagai seorang artis, bukan hanya berada di "band rock". Setelah rilis album, kritikus berkomentar bahwa album itu lebih artistik daripada karya-karya sebelumnya.

Single pertama dari Diorama, "The Greatest View" dirilis ke jaringan radio di Australia pada awal Desember. Single ini kemudian dirilis bertepatan dengan penampilan band pada tur Big Day Out. Selama tur, arthritis reaktif Johns membuatnya sulit baginya untuk bermain gitar.

Diorama menduduki puncak tangga lagu Album ARIA, dan menghabiskan 50 minggu di 50 besar. Lima singel dirilis; "The Greatest View", "Tanpa Anda", "Luv Your Life", "Across the Night", dan "Setelah Semua Tahun Ini". Dari jumlah tersebut, "The Greatest View" memetakan terkuat, mencapai # 3 di ARIA Singles Chart. Diorama sukses di ARIA Awards 2002, memenangkan lima penghargaan termasuk "Best Rock Album" dan "Best Group". Band ini memainkan "The Greatest View" pada upacara tersebut; lagu ini juga dinominasikan untuk "Video Terbaik". Album, dan single dari itu, dinominasikan untuk beberapa penghargaan pada tahun 2003. Setelah Penghargaan ARIA 2002, band ini mengumumkan hiatus yang tidak terbatas. Johns mengatakan itu perlu "mengingat fakta bahwa band ini bersama selama lebih dari satu dekade dan hanya rata-rata berusia 23 tahun".

Perpanjangan proyek istirahat dan samping (2003-2005)


Pada tahun 2000, sementara juga bekerja dengan Silverchair, Johns dan Paul Mac merilis EP khusus internet berjudul I Can't Believe It's Not Rock. Setelah pengumuman hiatus Silverchair, pasangan ini kembali bersatu dan membentuk The Dissociatives, merilis album self-titled pada tahun 2004 serta menyediakan musik tema untuk acara kuis musik ABC-TV populer Spicks and Specks (pengerjaan ulang The Bee Hit 1966 Gees dengan nama yang sama).

Johns juga berkolaborasi dengan isteri Natalie Imbruglia pada album Counting Down the Days, dirilis pada April 2005. Sementara itu, Joannou bekerja dengan proyek sampingan The Mess Hall, memproduksi album kedua mereka Feeling Sideways. Album ini dinominasikan untuk Penghargaan ARIA untuk "Rilis Independen Terbaik" pada tahun 2003. Gillies juga bekerja dengan proyek sampingan; merilis album berjudul diri dengan Tambalane, dan tur di seluruh Australia.

Menyusul Tsunami Day Boxing, Silverchair mengadakan reformasi untuk satu pertunjukan di konser penggalangan dana Wave Aid di Sydney pada 2005, untuk mengumpulkan dana bagi organisasi bantuan yang bekerja di daerah yang terkena bencana. Pada saat yang sama, band ini memutuskan untuk bersatu kembali. Berkaca pada kesempatan itu, Gillies menempatkan persatuan kembali band ke "chemistry" khusus antara anggota band, mengatakan kepada The Sydney Morning Herald "Kami hanya butuh 15 tahun, tetapi baru-baru ini kami menyadari, 'Kami benar-benar memiliki sesuatu yang istimewa dan kita harus pergi untuk itu. '"

Kembali dari hiatus (2006-sekarang)


Biodata dan Profil Band Silverchair

Silverchair tampil di Across the Great Divide Tour pada September 2007


Setelah tampil di Wave Aid, Silverchair bersatu kembali dan mulai persiapan untuk album berikutnya. Pada tahun 2006, Young Modern didemokan di Hunter Valley, dan direkam di Studio Los Angeles Seedy Underbelly dengan produser Nick Launay. Van Dyke Parks kembali bekerja dengan band, yang melakukan perjalanan ke Praha untuk merekam dengan Orkestra Philharmonic Ceko. Silverchair memproduksi album secara mandiri, untuk meringankan tekanan yang dihadapi sebelumnya ketika bekerja dengan label rekaman.

Band ini melakukan tur secara ekstensif sebelum merilis album, tampil di Homebake dan banyak pertunjukan lainnya. Mereka menampilkan cover Midnight Oil "Don't Wanna Be the One" di ARIA Awards 2006 sebagai bagian dari induksi Midnight Oil ke ARIA Hall of Fame. Selama pertunjukan, Johns menyemprotkan lukisan PG4PM (Peter Garrett untuk Perdana Menteri) di dinding panggung, memberikan penghormatan kepada pentolan band, sekarang menjadi Anggota Federal Parlemen dan Menteri Lingkungan, Warisan, dan Seni. Pada 12 Juni 2007, Silverchair dan sesama grup rock Powderfinger mengumumkan Across the Great Divide Tour. Tur tersebut bertujuan untuk mempromosikan upaya Rekonsiliasi Australia dalam memperbaiki kesenjangan 17 tahun dalam harapan hidup antara anak-anak Pribumi dan non-Pribumi.

Kursi perak di atas panggung di Big Day Out 2008


Album ini dirilis pada 2007, seperti juga single pertama, "Straight Lines". "Refleksi Suara", "Jika Anda Tetap Kehilangan Tidur", dan "Pembaca Pikiran", kemudian dirilis. Young Modern menjadi album Silverchair kelima yang berada di puncak tangga lagu Album ARIA. "Straight Lines" juga menjadi single ketiga band ini di Australia. Album dan lagu masing-masing memenangkan tiga penghargaan di ARIA Awards 2007, membawa Silverchair menjadi total 20. Silverchair memenangkan tiga Penghargaan APRA untuk lagu mereka "Straight Lines", termasuk Songwriter of the Year, yang dianugerahi Johns untuk rekor ketiga kalinya .

Menurut situs web Silverchair, pada 7 Juni 2009, Silverchair telah mulai mengerjakan tindak lanjut Young Modern, setelah menghabiskan tiga minggu rekaman di Australia dengan sesi mendatang yang diperuntukkan untuk musim panas. Tidak ada tanggal rilis yang telah ditentukan, tetapi band ini mengunggah video dalam studio yang bekerja pada beberapa lagu ke situs web resmi mereka.

Gaya musik



"Garis lurus"


"Straight Lines", Song of the Year 2007 ARIA, digambarkan sebagai "klasik rock instan" oleh Allmusic, dengan resensi Clayton Bolger menyatakan Young Modern secara drastis berbeda dengan grunge straight-forward pada album awal, dan "beberapa kejutan musik" "di Neon Ballroom dan Diorama.

Silverchair umumnya diklasifikasikan sebagai band rock / post grunge alternatif, meskipun kesetiaan mereka terhadap genre tertentu telah berubah saat mereka telah matang. Banyak pekerjaan awal band setelah grunge terinspirasi oleh Nirvana, Pearl Jam, Soundgarden, Alice in Chains dan Black Sabbath. Gillies setuju, mencatat band itu terinspirasi oleh "Seattle Sound", serta The Beatles dan The Doors, dan sangat mudah dipengaruhi pada masa muda mereka. Pada tahun-tahun awal mereka, kesamaan gaya yang dirasakan menyebabkan kursi perak dicemooh dijuluki "Nirvana in Pyjamas" oleh media Australia (sebuah referensi sarkastik yang dikaitkan dengan pemuda band dan serial TV anak-anak Australia populer, Pisang di Piyama).

Dalam menulis Young Modern, Johns berusaha membuat musiknya terdengar sangat sederhana, walaupun memiliki struktur musik yang kompleks. Lirik ditulis setelah musik diproduksi, kadang-kadang selambat hari rekaman. Seperti Johns mengatakan dia takut menulis lirik, dia menyarankan bahwa band dapat menghasilkan album instrumental di beberapa tahap di album ini.