Hot Updates
Loading...

Friday, April 19, 2019

Biodata dan Profil Red Velvet Terbaru

Dalam industri musik di Korea Selatan, nama girl band, Red Velvet tergolong cukup populer. Selain karena penampilan para anggotanya yang rupawan, kemampuan menyanyi dan menari mereka pun oke.

Biodata dan Profil Red Velvet Terbaru

Hal tersebut tentunya tak lepas dari usaha dan perjuangan anggotanya yang sangat keras. Sekeras apa usaha yang mereka tempuh? Yuk, simak info selengkapnya di sini!

Biodata Red Velvet


  • Nama Grup : Red Velvet
  • Tanggal Debut : 1 Agustus 2014
  • Negara Asal : Korea Selatan
  • Label : SM Entertainment
  • Fanclub : ReVeluv
  • Anggota : Irene, Seul Gi, Wendy, Joy, Yeri

Setiap harinya, banyak grup girl band baru bermunculan di Korea Selatan. Namun hal ini tidak membuat eksistensi Red Velvet tersingkir dari hingar bingar musik K-pop. Red Velvet sendiri adalah grup musik beranggotakan 4 orang yang dibentuk pada tahun 2014 di bawah naungan SM Entertainment.

Red Velvet (atau yang biasa disingkat RV) memulai debut mereka di dunia musik dengan tampil di acara KBS Music Bank membawakan single perdana mereka Happiness pada 1 Agustus 2014. Sedangkan untuk versi digitalnya, single Happiness dirilis pada tanggal 4 Agustus.

Tak sampai kurun waktu 24 jam, video klip Happiness sudah ditonton lebih dari dua juta pengunjung di channel Youtube. Karena banyaknya peminat, Happiness pun menjadi video klip K-pop kedua yang paling banyak ditonton di dunia.

Single kedua mereka adalah Be Natural. Single remake dari grup S.E.S ini dirilis versi digital dan versi video klip pada tanggal 13 Oktober 2014. Single tersebut berhasil menduduki posisi 6 di tangga lagu Billboard’s World Digital Songs dan memenangkan trofi SBS MTV Best of the Best untuk penghargaan Best Remake Songs.

Tahun 2015, dirilislah sebuah mini album Ice Cream Cake yang memiliki single unggulan berjudul sama. Mini album ini berhasil membuahkan berbagai penghargaan untuk Red Velvet seperti trofi posisi pertama KBS Musik Bank, Digital Bonsang 2016, M-NET Music Asian Awards.

Masih di tahun 2015, RV merilis album pertama mereka berjudul The Red pada 9 September 2015. Lagu Dumb Dumb langsung mencuri perhatian dan berhasil menduduki peringkat satu di berbagai tangga lagu dalam dan luar negeri.

Selain menduduki peringkat 1 Gaon Korean Chart dan Billboard’s Album Charts, The Red masuk dalam daftar 10 Best K-Pop Album 2015 Billboard. Dan hebatnya, video klip Dumb Dumb menjadi satu satunya video klip berbahasa non Inggris yang dimasukan majalah Rolling Stones USA ke dalam daftar 10 Best Music Videos tahun 2015.

Selera musik RV yang menarik membuat beberapa mini album mereka seperti The Velvet (2016), Russian Roulette (2016), Rookie (2017), dan The Red Summer (2017) menjadi langganan posisi pertama berbagai tangga lagu di Korea, kawasan Asia, bahkan dunia.

Dan dengan dirilisnya album kedua mereka The Perfect Red Velvet (2018) menjadikan semakin banyak yang berburu biodata Red Velvet karena mereka telah dikenal sebagai grup musik papan atas di negeri asal Lee Min Ho tersebut.

Dari sekelumit informasi tadi, sepertinya menarik sekali ya kalau bisa mengulik biodata Red Velvet. Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang kepo banget sama grup musik yang sempat menjadi cameo di drama Korea Descendants of the Sun ini, yuk simak biodata lengkap Red Velvet di sini!

Melihat kesuksesan para personel Red Velvet sekarang ini, pasti banyak yang tak mengira bahwa mereka pernah merasakan susahnya diterima di dunia musik K-pop. Nah, inilah yang akan dibahas dalam biodata Red Velvet berikut.

Dalam biodata lengkap Red Velvet di bawah ini, kita akan membahas bagaimana perjuangan mereka untuk bisa diterima publik Negeri Ginseng.

Debut


Biodata dan Profil Red Velvet Terbaru

RV pertama kali diperkenalkan ke publik Korea sekitar tahun 2014. Tepatnya tanggal 1 Agustus 2014 di sebuah acara musik. RV sendiri debut dengan 4 orang anggota. Mereka adalah Irene, Seulgi, Wendy, dan Joy.

Kemunculan grup ini sudah ditunggu banyak pihak karena RV menyudahi masa paceklik girlband besutan SM Entertainment. SM Ent. adalah manajemen besar yang terbilang cukup produktif dalam merilis grup musik.

Pada saat itu, girlband terakhir yang mereka rilis adalah f(x) pada tahun 2009. Karena jeda waktu yang cukup lama membuat debut RV sangat dinanti banyak pihak.

Ketika RV mulai memperkenalkan single mereka Happiness bulan Agustus, banyak yang mencari tahu tentang biodata lengkap Red Velvet. Selain penampilan yang menarik, single Happiness pun terdengar sangat catchy sehingga banyak yang menyukai.

Hanya saja, debut mereka tak semulus yang dibayangkan mengingat adanya tuntutan hak cipta atas nama grup ini. Tahun 2014, ada grup musik indie asal Hongdae Seoul yang menuntut RV karena telah menggunakan nama grup mereka tanpa ijin.

Grup indie tersebut merasa berhak mengklaim nama “Red Velvet” karena sudah menggunakannya duluan sejak tahun 2013. Akhirnya, terjadi pembicaraan antara SM dan grup indie tersebut yang berujung dengan pemberian ijin penggunaan nama.

Tudingan Debut Dadakan


Ternyata, tuntutan nama itu bukan masalah terakhir bagi grup cewek yang sering dibandingkan dengan BLACKPINK ini. Kemunculan mereka di panggung hiburan dituding sebagai pengalihan isu atas skandal skandal yang menimpa member f(x), Sulli.

Tudingan debut dadakan pun semakin santer terdengar setelah fakta terkuak bahwa SM hanya memberikan 1 video teaser untuk menyambut debut mereka. Ini jelas berbeda saat EXO akan debut, di mana SM pada saat itu merilis lebih dari 20 teaser.

Setelah merilis single Happiness, Be Natural menjadi item yang bisa kamu temui dalam biodata Red Velvet. Untungnya, Happiness dan Be Natural bisa mengubah imej miring profil Red Velvet.

Akhirnya muncul banyak komentar positif yang berujung pada berbagai penghargaan yang diterima Red Velvet antara lain seperti Gaon Chart Music Award sebagai Hot Performance of The Year 2016.

Pergantian Formasi


Biodata dan Profil Red Velvet Terbaru

Tak seperti grup rilisan SM Ent. lainnya yang jarang mendapatkan penambahan personel saat debut, RV mendapatkan satu anggota tambahan yaitu Yeri saat sudah merilis 2 single. Yeri sendiri adalah anggota dari SM Rookies, sebuah tim yang berisi para trainee yang akan debut sebagai penyanyi solo atau grup.

Awalnya, posisi leader dipegang oleh Irene dan maknae (anggota termuda) dipegang oleh Joy. Namun dengan kedatangan Yeri, otomatis biodata Red Velvet pun berubah. Untuk posisi leader tetap dipegang oleh Irene, namun posisi maknae jadi bergeser ke Yeri.

Perkenalan Yeri ke publik Korea dilakukan bertepatan dengan comeback Red Velvet saat mempromosikan mini album Ice Cream Cake tahun 2015.

Peran mini album tersebut sangat besar bagi mereka. Ice Cream Cake berhasil membuat gelar penjualan album terbaik oleh grup wanita tercantum dalam biodata lengkap Red Velvet.

Konsep


Berbicara tentang biodata lengkap Red Velvet rasanya tak lengkap bila tak membahas konsep. Ada satu hal mencolok yang membedakan mereka dari grup wanita lain negeri asal Ji Chang Wook ini. Apa itu?

Yap, dobel konsep. Mungkin kamu jarang menemukan ini dalam biodata Red Velvet manapun. grup besutan Lee Soo Man ini memiliki dua konsep yang berbeda. Mereka berpatokan pada dua hal yaitu red dan velvet.

Red sendiri melambangkan sisi cerah dan ceria. Bisa ditunjukan dengan kostum dan warna rambut mencolok. Serta musik yang terdengar catchy seperti dance atau pop.

Sedangkan untuk velvet, sisi yang ditonjokan lebih misterius dan “berat”. Sisi velvet mereka biasanya tercermin dalam lagu RV yang bergenre ballad dan R&B.

Anggota Red Velvet

Penampilan yang atraktif dan mengesankan membuat banyak orang berburu biodata Red Velvet. Kebanyakan dari mereka ingin tahu seperti apa sih personel RV sebenarnya.

Karya


Biodata dan Profil Red Velvet Terbaru

Dalam biodata Red Velvet di atas, kita sudah banyak membahas tentang para anggota RV. Sekarang, kita akan membahas karya mereka. Apa saja ya album yang berhasil mereka telurkan? Untuk info selengkapnya, simak di biodata lengkap Red Velvet berikut.

1. Ice Cream Cake (2015)


Ini adalah mini album pertama Red Velvet dalam kancah K-pop yang dirilis 18 Maret 2015. Dalam biodata Red velvet, mini album ini terbilang istimewa karena terjadi penambahan anggota baru, yaitu Yeri.

Dirilis tahun 2015, Ice Cream Cake berisi 6 lagu dengan single andalannya Ice Cream Cake dan Automatic. Di dalam mini album tersebut, ada dua konsep yang ditampilkan, yaitu red dan velvet.

Komposisi musik yang unik membuat mini album ini bertengker di posisi 2 Billboard’s World Albums Chart, posisi 4 Gaon Singles Chart dan posisi 25 di Billboard’s Top Heatsekers.

Mini album ini membuat RV meraih banyak penghargaan antara lain grup wanita dengan penjualan album terbaik, Digital Bonsang 2015, Melon Music Awards 2015, dan penghargaan yang pernah dimenangkan oleh Isyana Sarasvati, Mnet Asian Music Awards (2015).

2. The Red (2015)


Bila membahas tentang album dalam biodata lengkap Red Velvet, The Red pasti berada di urutan teratas. Konsep album yang dirilis 9 September 2015 adalah red yang tercermin dalam penampilan para anggotanya yang selalu tampil warna-warni dalam hal rambut atau busana.

The Red berisi 10 lagu dengan single andalan, Dumb Dumb. Kesuksesan lagu Dumb Dumb yang bertempo cepat ini menjadi tonggak baru dalam karir RV. Karena kesuksesan album tersebut, mereka bisa dinobatkan sebagai grup papan atas di Korea Selatan.

Hampir semua ajang tangga lagu mereka menangkan seperti M Countdown, Show Champion, Inkigayo, dan masih banyak lagi. Majalah Dazed juga memasukan Dumb Dumb ke dalam daftar Top 20 K-pop Tracks of 2015.

3. The Velvet (2016)


Mini album kedua RV, The Velvet, dirilis pada 17 Maret 2016. Mini album ini berisi 8 lagu dan memiliki konsep velvet mengingat single andalan mereka (One of These Night) bergenre R&B ballad.

Dalam tangga lagu US Billboard, The Velvet menempati posisi 8. Dan dalam Gaon Album Chart ia menduduki posisi 1.

4. Russian Roulette (2016)


Ini adalah mini album ketiga dalam biodata lengkap Red Velvet yang dirilis pada 7 September 2016. Mini album berisi 7 lagu ini memilih Russian Roulette sebagai single andalan mereka.

Dalam mini album yang berkonsep red dan velvet, ternyata banyak single yang ditulis oleh para anggota saat mereka masih trainee. Anggota RV sendiri pun terkejut bahwa ternyata coretan karya mereka akan dipublikasikan.

Ternyata mini album Russian Roullete banyak penyukanya. Maka tak heran bila ia mampu bertengker di posisi 2 tangga lagu Billboard’s World Album dan peringkat pertama Gaon Album Chart.

5. Rookie (2017)


Setelah Russian Roulette, Rookie adalah mini album berikutnya yang ada dalam biodata Red Velvet. Rookie yang dirilis pada 1 Februari 2017 ini berisi 6 lagu dengan single andalan berjudul sama.

Mini album ini dipenuhi dengan lagu lagu pop funk yang low key dengan tambahan synthesizer. Untuk konsep, mereka masih mempertahankan konsep red seperti yang dibawakan mini album sebelumnya.

Walau tema yang dibawakan lain dari album album mereka sebelumnya, tapi tanpa dinyana justru mini album ini berhasil meraih posisi 1 Billboard World Albums.

6. The Red Summer (2017)


The Red Summer diluncurkan pada musim semi tahun 2017. Tepatnya 9 Juli 2017. Tanpa membaca biodata lengkap Red Velvet, kamu pasti bisa menebak apa konsep mini album ini bukan?

Yap. konsepnya red. Sewarna dengan musim semi yang ceria. Berisi 5 single, The Red Summer memiliki single andalan Red Flavor yang didominasi unsur manis dan dihiasi dengan irama electropop.

Untuk pencapaian tangga lagu sendiri, The Red Summer membawa pencapaian baru dalam biodata lengkap Red Velvet. The Red Summer berhasil menembus posisi 27 Oricon Chart Jepang. Tangga lagu yang sulit mereka tembus sebelumnya.

7. Perfect Velvet (2017)


Ini dia album kedua RV dalam biodata Red Velvet. Album ini dirilis tanggal 17 November 2017 dengan single andalan Peek-a-Boo. Total lagu yang ada di album ini adalah 9 lagu yang didominasi hip hop, soul, pop, dan R&B.

Kalau kamu menyimak biodata Red Velvet dari awal, pasti bisa ditebak dong konsep apa yang dibawakan kali ini? Yap, konsepnya adalah velvet. Album ini terjual sekitar 90.457 kopi di akhir tahun.

Seperti yang karya RV yang disebutkan dalam biodata lengkap Red Velvet di atas, mereka selalu bisa menembus Billboard’s World Album. Begitu juga untuk Perfect Velvet. Tandanya, dalam setahun, mereka berhasil menduduki posisi 1 dengan 3 kumpulan karya yang berbeda.

8. The Perfect Red Velvet (2018)


The Perfect Red Velvet adalah bentuk repackage dari Perfect Velvet dan dirilis pada 29 Januari 2018. Isinya sama dengan album sebelumnya, hanya saja ada 2 tambahan lagu baru yaitu Red Velvet Bad Boy dan Alright.

Album repackage ini dipenuhi dengan lagu bergenre R&B dengan tambahan elemen hip hop dan sentuhan synthesizer. Sangat mewakili unsur velvet yang membuat para anggota Red Velvet terlihat misterius.

Kontroversi


Biodata dan Profil Red Velvet Terbaru

Dari rangkaian info biodata lengkap Red Velvet tadi kita sudah membicarakan karya. Sekarang, biodata Red Velvet akan membahas tentang kontroversi yang menimpa grup musik tersebut. Apa sajakah itu?

Video Klip Happiness


Seperti yang disebutkan pada bagian awal biodata Red Velvet ini, debut anggota Red Velvet sempat terganjal beberapa masalah. Salah satunya adalah video klip Happiness yang penuh kontroversi.

Di versi aslinya, terdapat adegan yang menunjukan sebuah surat kabar berisi berita tentang pengeboman Nagasaki. Hal ini dinilai menyakiti warga Jepang. Apalagi, artis artis SM Ent. memiliki pengaruh besar di Negeri Sakura tersebut.

Tak cuma bom Nagasaki, terdapat juga adegan di mana Seul Gi sedang menerbangkan pesawat mainan dan nampak gambar gedung WTC yang sedang terbakar. Hal tersebut dianggap mengulik kenangan pahit dunia.

Menanggapi kritik publik, SM pun langsung merilis video versi kedua tanpa kedua hal kontroversial tadi.

Komentar Berbau Rasis


Kali ini kontroversi menimpa salah satu anggota Red Velvet, Wendy. Biodata Red Velvet Wendy harus dinodai dengan kritik buruk dari publik yang menyangka Wendy telah bersikap rasis pada kulit hitam.

Dalam acara Idol True Colors, Wendy diminta untuk menunjukan kemampuan dirinya dalam menghibur narasumber yang lain. Karena jadi satu-satunya narasumber yang pernah tinggal di luar negeri, ia lalu memilih menggunakan kemampuan menirunya.

Ia meniru gaya bicara warga kulit hitam, serta membandingkannya dengan warga kulit putih. Melihat hal itu, banyak netizen yang langsung menuduh gadis cantik ini bersikap rasis.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Biodata Terbaru adalah situs yang berisi informasi tentang Biodata Artis Indonesia maupun Mancanegara, tokoh dunia, Galeri Foto Artis, dan Info Seputar selebriti.
Done